Sosialisasi e-Loog Book & Tanda Daftar Kapal Perikanan (TDKP)

Wahai, 11 Juni 2021 –

Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Gugus Pulau III bersama dengan Syahbandar PPN Ambon melakukan kegiatan sosialisasi e-Loog Book dan Tanda Daftar Kapal Perikanan (TDKP) yang berlokasi di Dusun Parigi Desa Wahai Kecamatan Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku.

Kegiatan Sosialisai berlangsung selama 1 hari tanggal 11 Juni 2021 yang melibatkan para pelaku usaha dibidang perikanan tangkap serta nelayan setempat. Untuk materi terkait e-Loog Book disampaikan oleh Ibu Irma ,S.Pi dari Syahbandar PPN Ambon sedangkan untuk Tanda Daftar Kapal Perikanan (TDKP) disampaikan oleh Kepala Cabang Dinas, Bapak Oslan Laitupa S.Pi, M.Si.

Dari berbagai materi dan diskusi  yang disampaiakan dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Log book Penangkapan Ikan adalah salah satu bentuk sistem pengolahan data perikanan yang dipergunakan dalam proses lanjutan untuk verifikasi, pengisian data (data entry), validasi data, analisis data, dan pengambilan kesimpulan log book penangkapan ikan dengan menggunakan peralatan yang telah ditentukan. Sedangkan untuk Tanda Daftar Kapal Perikanan (TDKP) sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Permen KP Nomor 58/PERMEN-KP/2020 Tentang Usaha Perikanan Tangkap yang mewajibkan  setiap nelayan perikanan  tangap dibawah ukuran 10 GT untuk harus memiliki perizinan dalam bentuk TDK.   Harapan besar kami dalam Kegiatan ini adalah setiap pelaku usaha dan nelayan dibidang perikanan tangkap dapat dapat mengimplemtasikan setiap materi yang disampaikan dengan tetap menjalin komunikasi dengan mitra kerja terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait